Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Sulut: Idul Fitri Berkat bagi Masyarakat

Kompas.com - 16/07/2015, 08:10 WIB


MANADO, KOMPAS.com
- Gubernur Sulawesi Utara Sinyo H Sarundajang mengajak masyarakat di provinsinya untuk menjaga toleransi antarumat beragama serta memelihara keamanan dan kenyamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Idul Fitri secara khusus adalah berkat bagi umat Islam dan masyarakat pada umumnya," kata Sinyo di Manado, Kamis (16/7/2015), seperti dikutip Antara.

Sebab, kata dia, di bulan suci ini umat melaksanakan berbagai amalan Ramadhan yang dibarengi dengan memperbanyak tasbih serta dzikir, melipatgandakan infaq dan sadaqah, termasuk membayar zakat fitrah.

Sehingga di hari suci dan penuh kemenangan ini, umat Muslim telah menjadi orang yang muttaqin, soleh dan rahmani.

Wagub Djouhari Kansil menambahkan, di bulan yang penuh rahmat, ampunan dan kasih sayang ini, umat Islam telah dilatih memperkuat kesabaran, moral, persaudaraan dan persamaan di antara sesama manusia.

Sebab, kata dia, Tuhan tidak membedakan manusia karena status kaya atau miskin, sosial dan tingkat pendidikan seseorang, berkuasa atau rakyat jelata, karena yang paling mulia di hadapan-Nya adalah mereka yang paling bertaqwa kepada Tuhan.

"Puasa juga mengingatkan kita semua menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan penuh kesungguhan dalam membangun daerah dan bangsa menuju terciptanya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat," katanya.

Sekprov Siswa R Mokodongan mengajak di hari yang fitri nanti, masyarakat menjadi pilar terdepan dalam mempertahankan Sulut yang rukun dan damai dan penuh toleransi.

"Situasi ini akan menjadi modal utama mewujudkan Sulut sebagai salah satu pintu gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasifik, menuju masyarakat yang semakin berbudaya, berdaya saing dan sejahtera," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com