Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang Bawa Abu Vulkanik, Bandara Blimbingsari Masih Ditutup

Kompas.com - 13/07/2015, 14:09 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Akibat embusan angin kencang yang membawa material abu vulkanik, Bandara Blimbingsari Banyuwangi masih ditutup dari aktivitas penerbangan Senin (13/7/2015).

"Aktivitas penerbangan kembali kami tutup hari ini sampai jam 16.00. Dan ini hari keempat penutupan bandara akibat efek abu vulkanik Gunung Raung yang masih mengarah ke bandara," ujar Sigit Widodo, Kepala Bandara Blimbingsari.

Dia mengatakan, penutupan bandara pada hari keempat juga berdasarkan surat edaran dari Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Banyuwangi yang menjelaskan kondisi angin di wilayah Banyuwangi cukup kencang dan membawa material abu vulkanik dari Gunung Raung.

"Untuk abu vulkanik di bandara masih ada tapi sangat tipis berbeda dibandingkan 2 hari yang lalu. Tapi kondisi angin yang sangat kencang," ujarnya.

Sementara itu, untuk sekolah pilot sudah diliburkan menjelang Hari Raya Idul Fitri sehingga tidak aktivitas penerbangan.

"Libur sejak hari ini. Jadi memang tidak ada aktivitas penerbangan di sekolah pilot," jelasnya.

Sementara itu, surat BMKG Banyuwangi menjelaskan bahwa secara umum wilayah Banyuwangi masuk musim kemarau. Perbedaan tekanan udara yang signifikan memicu peningkatan kecepatan angin.

Sementara itu, arah angin menuju Timur laut Timur dengan kecepatan angin mencapai 45 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com