Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Berhembus ke Barat Daya, Alasan Bandara Ngurah Rai Kembali Dibuka

Kompas.com - 11/07/2015, 13:41 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis


BADUNG, KOMPAS.com
- Jalur Penerbangan Bandara Ngurah Rai Bali kembali dibuka pada hari ini, Sabtu (11/7/2015) pada pukul 12.00 Wita, setelah cuaca dinyatakan aman untuk penerbangan. Hal ini disampaikannya berdasarkan notice to airmen (NOTAM) Nomor A 1420 - 4 yang dikeluarkan pada pukul 10.00 Wita.

"Kami mendapatkan informasi yang sangat menggembirakan dari BMKG bahwa kondisi angin berpengaruh pada arah semburan debu vulkanik. Debu-debu yang kemaren di atas langit Bandara Ngurah Rai Bali sudah berkurang dan mengarah ke barat daya. Kondisi ini langsung dilaporkan ke Jakarta dan langsung mengeluarkan NOTAM, akhirnya Bandara Ngurah Rai dinyatakan dibuka lagi," kata GM PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai Bali, Trikora Harjo.

Di ketinggian 5.000-7.000 meter, lanjutnya, kecepatan angin 5-26 not dari arah timur ke Barat. Dari ketinggian 10.000 -14.000, arah angin ke arah utara berbelok ke arah barat daya. Kondisi ini membawa dampak terhadap arah debu-debu yang disembuhkan oleh Gunung Raung mengarah ke arah selatan dan barat daya.

Sementara itu, untuk memperlancar aktivitas keberangkatan dan kedatangan di bandara ini, Polresta Denpasar menambah satu pleton pasukan Sabhara di sekitar bandara.

"Karena kita melihat penundaan keberangkatan dari hari Kamis lalu hingga hari ini, kami menambah satu pleton pasukan Sabhara Polresta Depansar. Ini untuk antisipasi keamanan jangan sampai kredit," kata Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Anak Agung Made Sudana.

Sudana juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan otoritas bandara untuk memastikan pelayanan terbaik bagi penumpang dengan aman dan nyaman.

"Ada kesepakatan bahwa penerbangan akan dimulai pukul 12.00 sampai jam 13.00 Wita akan ada 5 penerbangan yang didahulukan. Selanjutnya dikondisikan, mungkin ada yang delay atau bagaimana nanti," tambahnya.

Dengan informasi dibukanya kembali jalur penerbangan ini sejak pagi maskapai Garuda, Lion Air dan Air Asia sudah mempersilakan calon penumpang untuk check-in sesuai dengan jadwal penerbangan.

Loket check-in dibuka untuk calon penumpang yang sempat menjadwalkan ulang maupun penumpang yang memang memiliki jadwal berangkat pada hari ini. Suasana check-in sempat ramai mengingat menumpuknya calon penumpang yang menunggu keberangkatan setelah jalur penerbangan ditutup sejak Kamis malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com