Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kecelakaan, 10 Ambulan Disiapkan di Sepanjang Tol Cipali

Kompas.com - 11/07/2015, 08:21 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Selama musim mudik dan balik, Dinas Kesehatan Jawa Barat bekerjasama dengan Pemerintah serta rumah sakit kota/kabupaten di Jabar menyiapkan sedikitnya 10 ambulan yang berjaga di sepanjang tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Hal ini dilakukan demi mengantisipasi kecelakaan atau hal-hal tidak diinginkan lainnya di tol terpanjang di Indonesia tersebut.

“Tol Cipali ini melewati beberapa kabupaten di Jabar. Satu kabupaten menyiapkan dua unit ambulan yang di dalamnya dilengkapi dengan perlengkapan medis untuk keadaan darurat. Ambulan ini akan mobile di Tol Cipali dan ditempatkan di antara titik rawan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Alma Lucyati di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jumat malam (10/7/2015).

Alma mengungkapkan, ada lima kabupaten yang dilintasi Tol Cipali, yakni Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon. Jika satu kabupaten menyiapkan dua ambulan, maka akan ada 10 ambulan yang berjaga di Tol Cipali.

Ambulan tersebut, sambung Alma, dilengkapi satu tim medis seperti perawat, sopir, dan tenaga kesehatan lainnya. Bila terjadi sesuatu yang darurat, ambulan ini akan meluncurkan ke rumah sakit rujukan terdekat.

Di Kabupaten Subang, Alma mengaku, jarak Tol Cipali ke rumah sakit rujukan di Subang tergolong jauh. Akibat kondisi itu, ada yang dilarikan ke RS Gunung Djati Cirebon. Sebab dalam keseharian pun, RS Gunung Djati merupakan rumah sakit rujukan regional dari Cirebon, Majalengka, dan Subang.

“Kami bekerjasama juga dengan polisi, Dishub (Dinas Perhubungan), TNI, dan lainnya. Untuk Tol Cipali ini, kami menyiapkan beberapa hal agar bisa menekan angka kecelakaan. Mulai dari tes kelelahan untuk pengemudi, mobil patroli, dan lainnya,” tutur Alma.

Alma mengatakan, Tol Cipali memang nyaman dan kadang membuat terlena para pengendara. Untuk itu, ia berharap pengemudi lebih berhati-hati. Salah satunya dengan melihat speedo meter sebagai alat peringatan awal. Secara keseluruhan di Jabar disediakan 542 ambulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com