Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Aliran Lava Pijar Gunung Raung

Kompas.com - 11/07/2015, 06:44 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Aktivitas vulkanik di Gunung Raung masih terlihat tinggi. Hingga Sabtu (11/7/2015) pagi, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral masih mencatatkan aktivitas Raung ke dalam kategori level III atau siaga.

Letusan lava pijar Gunung Raung berhasil direkam oleh Aris Julianto, seorang vulcano explorer yang bekerja di pusat vulkanologi Perancis. Rekaman diambil pada 7 Juli 2015, dan berhasil mengambil gambar dalam durasi 1 menit 8 detik.

Aris mengambil video itu dari sudut Kalibaru, Banyuwangi. Terlihat lava pijar mengalir dalam kawah yang tertutup dinding kaldera setinggi 600 meter.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Raung, Burhan Alethea menjelaskan, tidak terlihat lava yang keluar dari dalam kaldera. "Jika ada warga yang melihat cahaya api ada kemungkinan itu merupakan pantulan cahaya dari lava yang keluar bersama asap," kata Burhan. (Baca: Letusan Gunung Raung Masih di Dalam Kaldera Gunung)

Seperti apa penampakan Gunung Raung yang mengeluarkan lava pijar di dalam kaldera? Anda bisa melihatnya dalam video Kompas TV berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Kompas TV


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com