Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Anang Hermansyah Berdialog dengan Pedagang soal VCD Bajakan...

Kompas.com - 09/07/2015, 06:15 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Musisi yang juga anggota Komisi X DPR RI, Anang Hermansyah, memanfaatkan masa reses DPR dengan mengunjungi kampung halamannya di Jember, Jawa Timur. Di Jember, Anang sempat bertemu dan berdialog dengan masyarakat di Pasar Tanjung.

Anang menemukan banyak VCD bajakan yang dijual secara terbuka, di sejumlah lapak di Pasar Tanjung, Rabu (8/7/2015) sore. Anang pun berdialog dengan penjual VCD bajakan.

Menurut Anang, sebenarnya para penjual tersebut mau menjajakan VCD asli, asalkan harganya murah.

“Tadi yang menarik, bahwa mereka mau jualan yang asli, tetapi kalau harganya terjangkau kepada masyarakat," ucap Anang,

"Tadi saya tanya, kalau dijual Rp 20 ribu, laku apa enggak? Ternyata mereka tidak sanggup. Mereka tadi bilang paling tinggi Rp 15 ribu,” tutur suami Ashanty itu.

Untuk itulah, lanjut Anang, harus segera dicarikan solusi. Misalnya, pelaku industri musik dan pemerintah harus segera berkoordinasi.

“Salah satunya menurunkan pajaknya, sehingga CD murah. Sebab tadi aku lihat, ada yang asli dan aku tahu perusahaannya. Mereka membayar pajak, dan harga VCD-nya murah,” tutur Anang.

Untuk itulah hasil temuan tersebut akan dibawa ke Jakarta, untuk dibahas dan dicarikan solusinya. “Tetapi tetap, VCD bajakan harus diberantas, karena itu pelanggaran hak cipta, apalagi Presiden dan Kapolri sudah berkomitmen untuk memberantas pembajakan VCD,” kata Anang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com