Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rahasia Pengemis Kota"

Kompas.com - 06/07/2015, 19:55 WIB


KOMPAS.com — "Ratusan ribu per hari semudah membalik telapak tangan?" Pengemis kota punya cara untuk mengelabui para dermawan untuk meraup keuntungan.

Jurnalis KompasTV, Aiman Witjaksono, berkunjung langsung ke sebuah desa di Brebes, Jawa Tengah. Di sana, sejumlah fakta ditemui. Di antaranya, Aiman bertemu dengan sejumlah kerabat pengemis.

Tak hanya itu, ada juga rumah mewah yang diakui pejabat setempat sebagai rumah milik orang yang dulunya menjadi gelandangan. Rumah ini cukup mewah, dan berdiri megah di sebuah desa, yang beberapa tahun lalu sempat dikenal dengan sebutan "Desa Pengemis".

Memang tak mudah menemukan hal-hal baru yang ternyata mencengangkan. Sejumlah warga di sana begitu tertutup. Sulit untuk mengungkapkan fakta yang mereka ketahui.

Apa saja data yang akan diungkap Aiman Witjaksono? Wawancara dilakukan dengan kerabat pengemis, yang blakblakan menceritakan perilaku pengemis, saudara, dan tetangganya.

Melihatnya mungkin membuat kita ingin mengatakan: negara harus hadir karena bangsa kita bukan bangsa pemalas yang suka berbohong.

Saksikan Aiman, eksklusif: "Rahasia Pengemis Kota", malam ini, pukul 22.00 WIB di KompasTV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com