Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekonstruksi, Margriet Tolak Lakukan Adegan Pembunuhan Engeline

Kompas.com - 06/07/2015, 17:48 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com 
— Rekonstruksi kasus pembunuhan Engeline (8) berjalan lancar walaupun sempat tertunda dua jam. Selain itu, tersangka Margriet Megawe, ibu angkat Engeline, menolak merekonstruksikan adegan pembunuhan saat diminta melakukannya. Hanya Agus yang bersedia memeragakan adegan sesuai dengan berita acara pemeriksaan (BAP).

"Pada saat adegan pembunuhan, tersangka ibu MM (Margriet Megawe) tidak bersedia memerankan adegan (pembunuhan), tetapi pada saat adegan terakhir, yaitu kedatangan saksi Ibu Susiani dan Pak Handono, dia (Margriet) mau berperan. Dia (Margriet) memerankan adegan yang kira-kira menguntungkan buat dia. Contohnya, Ibu Rohana (teman Margriet) datang, dan saat pergantian SIM card, ketika SIM card Agus dipinjam oleh Ibu Margriet karena katanya ada seseorang menelepon," ungkap kuasa hukum Agus, Haposan Sihombing, Senin (6/7/2015).

Haposan juga menyampaikan bahwa Agus Tay bukan pelaku pembunuhan dalam kasus itu. Dia ikut serta membantu penguburan.

"Tugas Agus itu membungkus (jenazah), mengambil boneka, membuka bajunya sendiri, membuka celananya sendiri, mengambil tali, dan diperintahkan untuk menggali lubang di lubang yang sebelumnya ada. Saat menggali lubang, ia sempat ditegur Margriet, katanya kok lama menggali. Tidak ada adegan pemerkosaan," ujar Haposan.

Saat Margriet menolak untuk berperan, ia pun digantikan oleh penyidik. Rekonstruksi yang sedianya dimulai pada pukul 10.00 Wita mundur dua jam karena kuasa hukum Margriet datang terlambat. Akhirnya, rekonstruksi dimulai pada pukul 12.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 17.00 Wita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com