Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bule yang Siram Cat ke Tugu Jogja Tak Ditahan

Kompas.com - 05/07/2015, 22:38 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perempuan warga negara asing (WNA) yang melakukan aksi menyiram cat berwarna merah ke dinding sisi timur Tugu Jogja, Minggu (5/7/2015) siang bernama Yit Kampak Mga.

Usai diperiksa, WNA yang saat ini tinggal di Menayu Kulon, Kasihan, Bantul pun dibebaskan atas jaminan seorang temannya yang memastikan pelaku tidak akan melarikan diri.

"Memang tidak banyak bicara jadi petugas kesulitan mengorek keterangan. Tapi namanya Yit Kampak Mga tinggal di Menayu Kulon, Kasihan, Bantul," ujar Kapolsek Jetis Kompol Khundori, Minggu (5/7/2015).

Khudori menuturkan, awalnya yang bersangkutan ingin mencari temannya yang bernama Ugo Untoro, namun tidak kunjung bertemu. Ia pun lantas melampiaskan kekesalannya dengan menyiram cat berwarna merah ke dinding sisi timur Tugu Jogja.

"Yang bersangkutan langsung diamankan oleh petugas yang sedang melakukan patroli," ujarnya.

Sementara itu Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Prihartono Eling Lelakon menambahkan, tindakan warga negara asing tersebut melanggar Perda Kota Yogyakarta Nomor 7 Tahun 2006 Junto Perda Nomor 18 Tahun 2002 tentang pengelolaan kebersihan.

"Melanggar Perda dan telah dilaporkan ke Pemkot Yogyakarta," ucapnya.

Usai dimintai keterangan, perempuan yang belum diketahui kewarganegaraanya ini lantas dibebaskan dan diantarkan ke Kasihan, Bantul. "Tidak ditahan. Ada orang yang menjaminkan tidak lari, namanya Ugo Untoro," ujar Eling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com