Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru SMP Cabuli Muridnya Saat Ekskul Musik

Kompas.com - 05/07/2015, 18:31 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Seorang guru ekstrakurikuler musik di sebuah SMP negeri di Surabaya menjalani pemeriksaan di Mapolrestabes Surabaya terkait kasus dugaan pelecehan seksual terhadap empat siswa. Pelecehan oleh guru berstatus honorer itu terjadi di sebuah rumah kontrakan di Jalan Siwalankerto Timur.

Beberapa bulan terakhir, pelaku memang mengalihkan pelajaran ekstrakurikuler (ekskul) musik di rumah kontrakannya. Pelaku beralasan, peralatan musik di sana lebih lengkap. Selain sebagai tempat les musik, tempat tersebut juga digunakan pelaku untuk menggelar pendidikan taman kanak-kanak.

"Ibu korban melapor ke polisi berdasarkan pengakuan anak-anaknya. Aksi pencabulan dilakukan berulang-ulang sejak Desember 2014 lalu," kata Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polrestabes Surabaya AKP Imaculata Sherly, saat olah TKP di lokasi kejadian, Minggu (5/7/2015).

Awalnya, para murid takut untuk melaporkan aksi pencabulan itu. Mereka mengaku diancam untuk tidak melaporkan hal ini.

"Lama-lama aksi pencabulan menjadi buah bibir di kalangan siswa, hingga ada siswa yang berani melapor ke orangtuanya," ujar Sherly.

Pelaku hingga saat ini masih diperiksa secara intensif, dan dijerat Pasal 82 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com