Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditawari Bus Scania oleh Swedia, Ridwan Kamil Pikirkan Bus Listrik

Kompas.com - 02/07/2015, 21:21 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendapat tawaran penggunaan teknologi bus Scania dari Pemerintah Swedia. Hal itu terungkap seusai kunjungan perwakilan Pemerintah Swedia ke Balai Kota Bandung, Kamis (2/7/2015).

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, bus Scania sudah digunakan di sejumlah negara, seperti Singapura, Hongkong, termasuk Jakarta. "Di Jakarta, dikenal dengan transjakarta," ujar Emil di Balai Kota Bandung, Kamis.

Emil mengaku tertarik dengan teknologi yang ditawarkan Scania. Namun, ia bingung. Sebab, sesuai dengan beberapa masukan, Kota Bandung lebih cocok menggunakan bus bertenaga listrik.

Masukan tersebut salah satunya berasal dari peraih penghargaan perdamaian Nobel dan Intergovernmental Panel on Climate Change, Al Gore, dalam kunjungannya di Inggris beberapa waktu lalu.

"Kalau bisa busnya listrik. Yang sudah tersedia itu dari Volvo dan dari Amerika sama Jepang. Mudah-mudahan semakin banyak pilihan, semakin mudah," ucapnya.

Emil mengakui bahwa harga yang ditawarkan untuk membeli bus listrik cukup mahal, tetapi hemat biaya penggunaan.

"Memang mahal, tetapi dengan sistem public private partnership yang bakal diadopsi Kota Bandung dari Inggris, pengadaan bus listrik ini bisa tercapai," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com