Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua Kabur Diam-diam, Dua Bayi Ditinggal di RS

Kompas.com - 02/07/2015, 10:44 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Dua bayi yang belum genap berusia lima bulan, ditelantarkan oleh orangtua mereka usai dilahirkan di Rumah Sakit Umum (RSU) WZ Johannes Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Dua bayi yang ditelantarkan ini adalah Elisa Sae (3 bulan) dan Jean Taruna (2 bulan). Kedua bayi malang sudah ditelantarkan oleh orangtua mereka sekitar dua sampai tiga bulan lalu,” kata Jean Mbado, Humas RSU WZ Johannes Kupang, Kamis (2/7/2015).

Orangtua kedua bayi ini kabur secara secara diam-diam dari rumah sakit, akibat persoalan ekonomi. Saat ini, pihak rumah sakit masih merawat dan mencari orangtua untuk mengambil bayi mereka.

Menurut Jean, kedua bayi ini beralamat di wilayah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, namun pihak rumah sakit kesulitan mencari alamat rumah orangtua bayi yang telantarkan ini.

“Perlu diketahui bahwa kedua bayi ini bukan telantar, namun ditelantarkan oleh orangtua mereka sendiri. Bayi atas nama Jean Taruna beralamat di Kelurahan Naikoten I Kota Kupang, sedangkan bayi atas nama Elisa Sae diketahui beralamat di Desa Silu, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang,” kata Jean.

Jean mengatakan, pihak RS saat ini, tengah mencari orangtua dari kedua balita. Mereka akan diarahkan ke RS untuk mengambil bayi mereka. “Jika orangtua mereka tidak mau ambil dua bayi ini, maka kami akan melaporkan ke Dinas Sosial Provinsi NTT dan Komisi Perlindungan Anak agar ditindaklajuti,” kata Jean. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com