Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pesawat Hercules yang Jatuh di Medan Memang Tak Punya Kotak Hitam"

Kompas.com - 01/07/2015, 19:53 WIB

MEDAN, KOMPAS.com
 — Perwakilan tim investigator TNI Angkatan Udara, Sofyan, mengatakan, pesawat Hercules jenis C-130 yang jatuh di Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6/2015), tidak mempunyai kotak hitam (black box). Pesawat Hercules, lanjutnya, memang tidak memiliki kotak hitam.

"Memang tidak mempunyai black box, apalagi (mengingat) tahun produksi, belum ada kotak hitam itu. Kemudian, penggunaannya untuk kepentingan militer. Ada juga pesawat yang menggunakan kotak hitam. Akan tetapi, yang untuk pesawat Hercules ini, tidak ada black box-nya," katanya saat ditemui di Jalan Jamin Ginting, Rabu (1/7/2015).

Dia menyebutkan, dalam investigasi pada kasus jatuhnya pesawat bernomor penerbangan A-1310 itu, petugas hanya melakukan pengumpulan puing-puing pesawat. Sebelumnya, lanjut Sofyan, petugas sudah mengangkat empat mesin pesawat tersebut.

"Empat engine sudah kami tandai, dan kini masih kami selidiki sehingga penyebab jatuhnya pesawat belum dapat dipastikan," ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, personel gabungan masih melakukan pencarian korban meninggal dan puing-puing. Meski demikian, proses tersebut ditargetkan selesai pada hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com