Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

91 Jenazah Sudah Ditemukan dari Hercules yang Jatuh

Kompas.com - 01/07/2015, 04:51 WIB


MEDAN, KOMPAS.com — Hingga Selasa (30/6/2015) pukul 23.00 WIB, tim gabungan sudah berhasil menemukan 91 jenazah korban Hercules C-130 yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, dan membawanya ke kamar mayat RSUP H Adam Malik Medan.

"Sampai saat ini, sudah 91 jenazah dievakuasi, dan 23 jenazah sudah teridentifikasi identitasnya. Dua puluh tiga jenazah sudah teridentifikasi berdasarkan identitas yang didapat di dalam saku pakaian jenazah," kata Kompol A Tarigan, petugas Humas Polda Sumut, yang melayani informasi di depan ruang jenazah.

Tarigan mengatakan, dari jumlah tersebut, satu jenazah atas nama Pelda Tek Agus P sudah dibawa pulang oleh keluarga ke rumah duka.

"Tadi jenazah Pelda Tek Agus P sudah dibawa keluarga. Selain memang sudah ditemukan identitas pada pakaiannya, juga sudah ditunjuk atau diyakini oleh keluarga soal kebenaran jenazahnya," kata Tarigan, kemarin.

Hingga berita ini dikirim, ratusan orang masih mengerumuni ruang jenazah. Beberapa keluarga korban juga masih berdatangan untuk memberikan keterangan dan ciri-ciri keluarga mereka kepada petugas jaga.

Sebelumnya, Ketua Disaster Victim Identification (DVI) Provinsi Sumatera Utara Kombes Setyo Pranoto mengatakan, proses identifikasi jenazah korban baru akan mereka mulai hari ini.

"Hari ini kami sudah bisa menerima informasi-informasi kondisi korban sebelum meninggal dari keluarga. Setelah lengkap informasi (antemortem) kemudian akan kita lakukan pemeriksaan postmortem, mulai tes DNA, ciri-ciri gigi, atau yang lain-lain," katanya.

Setyo tidak bisa memastikan kapan proses identifikasi selesai. Menurut dia, waktu untuk mengidentifikasi satu jenazah sangat variatif, bergantung pada informasi yang diberikan keluarga korban.

"Kalau sudah ada informasi dari keluarga korban, bisa saja hitungan jam bisa diidentifikasi. Jadi, kami nggak bisa sebut berapa lama akan selesai," ujar Setyo, yang juga menjabat Kepala Bidang Dokter dan Kesehatan (Biddokes) Polda Sumut.

Tim DVI, yang akan mengidentifikasi jenazah korban, beranggotakan sebanyak 50 orang, terdiri dari Mabes Polri, Polda Sumut, dan tenaga ahli forensik kesehatan dari RSUP Adam Malik, dan RS dr Pirngadi Medan.

Setyo menambahkan, sebagian besar kondisi jenazah utuh dan mengalami luka bakar. "Tapi, saya belum lihat semua jenazah. Apakah ada atau tidak wajah jenazah yang masih bisa dikenali, saya belum lihat semua," katanya.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah akan menyantuni warga sipil yang menjadi korban jatuhnya pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara.

"Tentu, warga sipil, pemerintah akan menyantuni, tergantung kondisinya. Kita belum tahu aturannya," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, kemarin. (Feriansyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com