Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikabarkan Lolos, Calon Anggota Panwaslu Ini Malah Gagal Dilantik

Kompas.com - 30/06/2015, 22:42 WIB
Kontributor Nunukan, Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com — Walau diberi tahu bahwa dirinya telah lolos menjadi anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, nama Muhammad Rusman justru tidak tercantum dalam pengumuman anggota Panwaslu Kabupaten Nunukan yang dimuat di media massa yang terbit pada Selasa (30/6/2015). 

Rusman mengatakan, Senin (29/6/2015) pukul 17.45 Wita, ia ditelepon Sekretaris Bawaslu yang menyampaikan bahwa dirinya lolos menjadi anggota Panwaslu Kabupaten Nunukan.  

"Waktu menghubungi saya dengan menyebut nama lengkap, yaitu 'Bapak Muhammad Rusman, SPd?' Saya bilang 'iya'. Dia bilang lagi, 'Bapak hadir di pelantikan tanggal 1 Juli 2015 pukul 12.00 Wita di Hotel Galaxi Tarakan'," ujar Rusman di Nunukan, Selasa.

Menurut Rusman, pihak Bawaslu mengaku salah ketika menghubungi nama anggota Panwaslu yang lolos seleksi.

"Alasannya tidak masuk akal, tidak logis kalau salah nomor. Untuk menghubungi calon yang lolos, itu pasti sesuai hasil pleno komisioner Bawaslu," kata dia.

Rusaman mengatakan bahwa dirinya akan melaporkan permasalahan tersebut ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan Bawaslu Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com