Tercatat, Ada 101 Penumpang dan 12 Kru pada Manifes dari Pesawat Hercules yang Jatuh - Kompas.com

Tercatat, Ada 101 Penumpang dan 12 Kru pada Manifes dari Pesawat Hercules yang Jatuh

Kompas.com - 30/06/2015, 20:32 WIB
AFP PHOTO / ATAR Tim penolong membawa seorang korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 TNI AU di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, 30 Juni 2015. Pesawat itu jatuh dua menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo pada pukul 12.08 WIB ketika hendak menuju Tanjung Pinang.

MEDAN, KOMPAS.com —
Pesawat Hercules C-130 yang jatuh di kawasan permukiman di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, diketahui membawa 101 penumpang.

Hal ini disampaikan Kadispen TNI AU Marsma Dwi Badarmanto dalam wawancara dengan Kompas TV, Selasa (30/6/2015), menyusul kesimpangsiuran soal jumlah penumpang di dalam pesawat tersebut.

"Menurut manifes ada 101 orang," ungkap Dwi.

Angka ini di luar para kru pesawat yang berjumlah 12 orang (baca: Nama 12 Kru yang Terbang dengan Hercules A1310). Menurut Dwi, selain kru pesawat dan prajurit TNI, pesawat tersebut juga mengangkut penumpang yang merupakan keluarga dari prajurit TNI yang sedang bertugas di daerah-daerah yang rencananya akan dikunjungi oleh pesawat tersebut.

"Jadi, bukan warga sipil, melainkan keluarga TNI. Karena suaminya mau tugas di Natuna, misalnya, ya sekeluarga harus ikut," ungkapnya.

Jadi, lanjutnya, selain membawa logistik, pesawat ini juga membawa keluarga prajurit TNI yang akan menjalani rotasi piket di daerah-daerah dinas. Dwi menegaskan bahwa sah-sah saja bagi keluarga TNI untuk ikut serta dalam pesawat Hercules.

"Legal, itu kan keluarga TNI," ujarnya.

Selain itu, saat diwawancarai, Selasa petang, Dwi mengatakan, ada 50 jenazah yang sudah ditemukan (perkembangan terbaru: Ada 65 Jenazah dan Potongan Tubuh Korban Pesawat Hercules di RS). Sudah ada 23 jenazah yang teridentifikasi.

Sebelumnya diberitakan, pesawat Hercules C-130 jatuh di kawasan permukiman di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, Selasa sekitar pukul 11.48 WIB. Pesawat jatuh setelah menghantam dua ruko dan merusak sejumlah bangunan lainnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM