Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tercatat, Ada 101 Penumpang dan 12 Kru pada Manifes dari Pesawat Hercules yang Jatuh

Kompas.com - 30/06/2015, 20:32 WIB

MEDAN, KOMPAS.com —
Pesawat Hercules C-130 yang jatuh di kawasan permukiman di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, diketahui membawa 101 penumpang.

Hal ini disampaikan Kadispen TNI AU Marsma Dwi Badarmanto dalam wawancara dengan Kompas TV, Selasa (30/6/2015), menyusul kesimpangsiuran soal jumlah penumpang di dalam pesawat tersebut.

"Menurut manifes ada 101 orang," ungkap Dwi.

Angka ini di luar para kru pesawat yang berjumlah 12 orang (baca: Nama 12 Kru yang Terbang dengan Hercules A1310). Menurut Dwi, selain kru pesawat dan prajurit TNI, pesawat tersebut juga mengangkut penumpang yang merupakan keluarga dari prajurit TNI yang sedang bertugas di daerah-daerah yang rencananya akan dikunjungi oleh pesawat tersebut.

"Jadi, bukan warga sipil, melainkan keluarga TNI. Karena suaminya mau tugas di Natuna, misalnya, ya sekeluarga harus ikut," ungkapnya.

Jadi, lanjutnya, selain membawa logistik, pesawat ini juga membawa keluarga prajurit TNI yang akan menjalani rotasi piket di daerah-daerah dinas. Dwi menegaskan bahwa sah-sah saja bagi keluarga TNI untuk ikut serta dalam pesawat Hercules.

"Legal, itu kan keluarga TNI," ujarnya.

Selain itu, saat diwawancarai, Selasa petang, Dwi mengatakan, ada 50 jenazah yang sudah ditemukan (perkembangan terbaru: Ada 65 Jenazah dan Potongan Tubuh Korban Pesawat Hercules di RS). Sudah ada 23 jenazah yang teridentifikasi.

Sebelumnya diberitakan, pesawat Hercules C-130 jatuh di kawasan permukiman di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, Selasa sekitar pukul 11.48 WIB. Pesawat jatuh setelah menghantam dua ruko dan merusak sejumlah bangunan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com