Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pesawat Hercules Ini Seharusnya Kembali ke Malang 2 Juli 2015"

Kompas.com - 30/06/2015, 16:00 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com
 — Pesawat Hercules TNI AU C-130 yang jatuh di kawasan permukiman di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6/2015), disebutkan tengah melakukan misi umum.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang, Letkol Sutrisno, mengatakan, pesawat dengan nomor penerbangan A1310 itu berangkat dari Skuadron 32 Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang, Senin (29/6/2015) sekitar pukul 09.00 WIB.

"Sesuai rencana, pesawat Hercules ini dijadwalkan tiba di Malang pada 2 Juli 2015. Setelah take off dari Lanud Soewondo, Medan, ada gangguan di pesawat sehingga (pilot) berencana kembali ke pangkalan. Namun, sebelum sampai, terjadi kecelakaan," kata Sutrisno di Malang, Selasa.

Dia menambahkan, sebelum berangkat dari Malang, pesawat Hercules ini dalam kondisi layak terbang sehingga diterbangkan untuk menjalani operasi.

"Hari ini, Hercules baru terbang separuh perjalanan. Ada 12 kru yang ada di pesawat ini yang semuanya dari Skuadron 32 Lanud Abdul Rachman Saleh," katanya.

Sebelumnya diberitakan, pesawat ini jatuh di kawasan permukiman di Jalan Jamin Ginting, Medan, dan menghantam dua ruko dan sebuah mobil.

Kepala Dinas TNI AU Marsma Dwi Badarmanto mengatakan, pesawat Hercules yang jatuh itu hendak mengantar logistik untuk beberapa pangkalan udara TNI Angkatan Udara, seperti ke Lanud Halim Perdanakusuma, Pekanbaru, Dumai, Medan, Tanjung Pinang, Ranai, dan Pontianak.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Fuad Basya menyebutkan, pesawat itu jatuh sekitar lima kilometer dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo. Ketika itu, pesawat akan berangkat menuju Tanjung Pinang dan mengangkut logistik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com