Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Lihat Ekor Pesawat Hercules Sudah Terbakar Sebelum Jatuh

Kompas.com - 30/06/2015, 15:16 WIB

MEDAN, KOMPAS.com
 — Seorang warga di seputar pertokoan Royal Residen Garden, Medan, Sumatera Utara, mengaku melihat ekor pesawat Hercules jenis C-130 sudah terbakar sejak di udara sebelum terjatuh ke arah pertokoan, Selasa (30/6/2015).

"Sejak dari Simpang Kuala, Jalan Jamin Ginting, pesawat memang sudah terbang rendah dan ekornya terbakar. Tak lama kemudian, pesawat jatuh di perumahan dan kawasan hotel," kata Beru Ginting.

Dia menjelaskan, pasca-terjatuh, ada tiga kali suara ledakan sehingga beberapa warga yang melintas juga menjadi korban dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Bangunan ruko pun langsung hangus.

"Aku di depan rumah. Aku lihat pesawat memang sudah terbang pendek dan ekornya terbakar. Kami langsung panik saat pesawat jatuh dan mengeluarkan suara ledakan," ujarnya.

Dia menuturkan, warga tidak berani mendekat lantaran hawa panas sangat terasa, bahkan sampai dalam rumah. Oleh karena itu, warga sekitar hanya bisa menolong warga yang berada di tepi jalan.

"Aku lihat beberapa pengguna jalan, di antaranya tukang becak, mengalami luka bakar terkena percikan api. Makanya langsung kami larikan ke RSUP Adam Malik," ungkapnya.

Sementara itu, penumpang pesawat Hercules jenis C-130 milik TNI AU yang berjumlah 50 orang diduga tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com