Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hari Dibuka, Tiket Bus Mudik Gratis Jatim "Ludes"

Kompas.com - 29/06/2015, 14:49 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan tiket mudik gratis menggunakan bus yang digelar Dinas Perhubungan Dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub LLAJ) Provinsi Jawa Timur ludes diserbu calon penumpang sejak dibuka pendaftaran dua hari lalu.

Hingga Senin (29/6/2015) siang, hanya tersisa 62 tempat duduk untuk tiga jurusan saja. Menurut informasi yang dihimpun dari petugas penjaga loket pendaftaran di Kantor Dishub LLAJ Jatim di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, dari 19 rute mudik yang disediakan, hanya tiga rute yang masih tersisa.

Rute Surabaya-Lamongan masih ada 20 kursi, Surabaya-Lamongan-Tuban tersisa dua kursi, sementara Surabaya-Jombang-Nganjuk masih tersisa 39 kursi.

Tahun ini, menurut Kepala Bidang Angkutan Jalan, Dishub LLAJ Jatim, Sumarsono, disediakan 475 bus mudik gratis ke berbagai daerah di Jatim seperti ke Madiun, Pacitan, Trenggalek, Bojonegoro, Tuban, Ngawi, Banyuwangi, Situbondo, dan wilayah Madura dari Surabaya. Masing-masing bus disediakan 55 tempat duduk. "Pemberangkatan akan dilakukan pada H-3 dan H-2 lebaran nanti," kata dia.

Mudik gratis tersebut disediakan selain untuk menekan angka kecelakaan saat lebaran, juga sebagai upaya mengurangi kemacetan di jalur mudik. "Bagi pemprov Jatim, ini adalah bentuk pelayanan publik. Masyarakat dijamin keamanan dan keselamatannya hingga mereka berkumpul dengan keluarganya di kampung halaman," ujar dia.

Mudik gratis diperuntukkan bagi kalangan tertentu yang membutuhkan yang berada di Surabaya untuk bekerja, seperti, pembantu rumah tangga, pekerja pabrik, pelajar, mahasiswa, dan PNS golongan I dan II. "Mereka cukup menyerahkan fotokopi KTP, atau surat keluarga sebagai syarat mudik gratis," kata Sumarsono. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com