Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Abu Gunung Raung Menyebar ke Dua Kecamatan di Bondowoso

Kompas.com - 29/06/2015, 13:21 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Tidak hanya merasakan suara gemuruh dan dentuman keras dari Gunung Raung, Senin (29/6/2015), warga di Kecamatan Tlogosari dan Sumber Wringin, Bondowoso, Jawa Timur, juga merasakan hujan abu.

“Terjadi hujan abu tipis dan terasa pedih di mata. Hujan abu itu dirasakan warga di Desa Gunosari, Kecamatan Tlogosari dan di sekitar Kecamatan Sumber Wringin,” ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Hendri Widotono, saat dihubungi melalui telepon, Senin (29/6/2015).

Meski terjadi hujan abu, namun tidak berdampak terhadap aktivitas warga. “Warga masih beraktivitas seperti biasa,” kata dia.

Agar tidak berdampak terhadap kesehatan warga, BPBD Bondowoso bersama aparat kepolisian dan TNI, telah membagikan masker untuk warga. “Kami bagian 5000 buah masker kepada warga, agar hujan abu tersebut tidak berdampak terhadap kondisi kesehatan mereka,” kata dia.

Seperti diberitakan, sejak pukul 09.000 WIB tadi, status Gunung Raung yang berada di wilayah Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi, sudah dinaikkan dari level II (waspada) menjadi level III (siaga). Peningkatan status gunung raung tersebut, seiiring dengan aktivitas kegempaan di gunung api tersebut yang mengalami peningkatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com