Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Gunung Raung Dinaikkan Jadi Siaga

Kompas.com - 29/06/2015, 12:58 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


BONDOWOSO, KOMPAS.com - Status Gunung Raung yang berada di wilayah Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi, sudah dinaikkan dari level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga).

“Tadi jam 09.00 WIB, kami sudah menerima informasi bahwa status gunung raung naik menjadi level siaga,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Hendri Widotono, saat dihubungi melalui handphonenya, Senin (29/6/2015).

Dia mengatakan, peningkatan status gunung raung tersebut seiring dengan aktivitas kegempaan di gunung api tersebut yang mengalami peningkatan.

“Letusannya mengalami peningkatan dan terjadi lotaran lava pijar. Tadi malam terlihat semburan api dengan jelas dari Pusat Pengamatan Gunung Api Songgon, Kabupaten Banyuwangi,” ungkapnya.

Untuk itu, Hendri mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu- isu letusan Gunung Raung.

“Perkembangan sekecil apa pun mengenai kondisi Gunung Raung pasti kami kabari untuk masyarakat jangan percaya dengan isu-isu yang menyebutkan bahwa Gunung Raung akan meletus. Selain itu, warga kami larang mendekat pada radius 3 kilometer dari pusat kawah,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com