Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes, Warga Bogor Gelar Aksi Teatrikal Buang Hajat di Jalan Berlubang

Kompas.com - 23/06/2015, 20:37 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Puluhan warga Kampung Kincir, Desa Bojong Baru, RT 05 RW 06, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, melakukan aksi demo di Jalan Raya Bojonggede Citayam, Selasa (23/6/2015) sore. Aksi demo itu dilakukan sebagai bentuk protes warga atas kondisi jalan di wilayah tersebut yang rusak parah.

Jalan utama yang menghubungkan antara Kota Depok dengan Kabupaten Bogor itu memang kondisinya sangat memprihatinkan. Hampir di sepanjang jalan itu dipenuhi lubang-lubang besar. Bahkan, parahnya lagi, genangan air selalu menutupi jalan walau tak ada hujan.

Koordinator Aksi, Anggi mengatakan, sudah enam bulan lebih masyarakat setempat harus bersabar dengan kondisi jalan yang mirip kolam ikan. Ironisnya, jarak antara pusat pemerintahan Kabupaten Bogor dengan jalan tersebut cukup dekat. Namun, hingga sekarang kondisi jalan tersebut tak kunjung diperbaiki.

"Kami heran, kenapa hingga saat ini pemerintah daerah tak kunjung melakukan perbaikan jalan. Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor seakan-akan menutup mata atas kondisi parah jalan disini," ucap Anggi.

Bukan hanya itu, sambung dia, kerusakan jalan tersebut juga kerap menimbulkan kecelakaan, pengendara kerap terjerembab ke dalam lubang yang tergenang air.

“Banyak juga yang terperosok, biasanya mereka yang pakai sepeda motor,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Lidya, salah satu pengguna jalan. Ia mengaku kerap kesulitan melintasi jalan tersebut karena rusaknya cukup parah. “Bukan hanya rusak, tapi jalannya digenangi air yang cukup tinggi,” tuturnya.

Dalam unjuk rasa tersebut, para pendemo juga melakukan berbagai aksi teaterikal seperti mencuci baju di dalam kubangan air, memancing ikan, sampai membuang hajat. Hal itu dilakukan sebagai simbol kekecewaan terhadap Pemda Kabupaten Bogor yang kunjung memperhatikan kondisi jalan di wilayah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com