Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Makanan Khas Makassar untuk Buka Puasa

Kompas.com - 23/06/2015, 16:33 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com
- Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah. Hal itu dirasakan bagi penjual takjil yang menjajakan dagangannya di beberapa lokasi pasar dadakan yang didirikan di tepi ruas-ruas jalan Kota Makassar.

Maraknya pejualan takjil menjadi ajang "ngabuburit" bagi warga yang menunaikan ibadah puasa. Pasar-pasar takjil yang ramai di tepi jalan mulai buka pukul 03.00 Wita.

Adapun takjil yang dijajakan mulai dari makanan kering dan basah khas Makassar. Pasar takjil yang didirikan di Jl Andi Mappanyukki, ratusan pejual takjil menjajakan makanan khas Makassar, mulai dari kue kering hingga makanan basah seperti es teler, es pisang ijo, es pallu butung, es buah dan lainnya.

"Kalau kue-kue kering khas Makassar kita jual mulai dari harga Rp 2.000. Kalau berupa makanan basah kita jual mulai dari harga Rp 6.000. Ya alhamdulillah, berkah Ramadhan yang kita dapat dan hampir setiap hari dagangan habis. Perhari keuntungan biasa Rp 500.000-an," kata salah seorang pedagang takjil di Jl Andi Mappanyukki, Hamidah saat ditemui, Selasa (23/6/2015).

Sementara itu, Arifuddin, warga Jl Gunung Salahutu, mengaku setiap hari "ngabuburit" dengan berburu takjil. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, dirinya keliling kota menggunakan motor.

"Ya pulang kerja, enaknya naik-naik motor keliling kota Makassar. Saat keliling, banyak pasar-pasar takjil yang dilalui. Ya, sesekali singgah di pasar-pasar takjil dan melihat-lihat makanan berbuka puasa khas Makassar. Pas dapat menu yang diinginkan, dibeli dan dibawa pulang untuk disantap saat buka puasa," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com