Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Polisi di Probolinggo Patroli Sahur Sambil Bermain Hadrah

Kompas.com - 23/06/2015, 05:49 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis


PROBOLINGGO, KOMPAS.com
- Ratusan anggota Polres Probolinggo, Jawa Timur, melakukan patroli sahur dengan niat membangunkan warga untuk bersantap sahur, Selasa (23/6/2015) dini hari. Patroli sahur terasa menghibur lantaran para anggota polisi mahir menampilkan kesenian hadrah.

Berbekal gendang haaisodrah, kentongan, dan menaiki mobil ranger patroli, ratusan pollisi yang bersongkok putih dengan seragam polisi itu keliling Kota Kraksaan, ibu kota Kabupaten Probolinggo. Aksi mereka sontak mengagetkan warga yang mengira polisi sedang hendak melakukan razia.

Kekagetan warga berubah senyuman setelah melihat para polisi mahir memainkan hadrah dan membacakan Sholawat Nabi. Aksi para polisi tersebut membuat ratusan pengendara menghentikan kendaraannya, demi melihat aksi grup hadrah Polres Dalmub (Dalmas Mubarok).

Rute patrol sahur itu melewati jalur protokol Kraksaan, masuk ke sejumlah kelurahan hingga kampung-kampung.

Kapolres Probolinggo AKBP Iwan Setiawan mengatakan, patrol sahur tersebut diikuti oleh anggota polisi, TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan remaja masjid. Selain berniat ibadah membangunkan kaum muslim untuk sahur, patroli itu juga bertujuan memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Patroli sahur akan digelar tiap malam hingga H-1 Lebaran. Saya harap anggota polisi, TNI dan elemen masyarakat kompak, menjaga keamanan dan mengisi bulan Ramadhan dengan amal kebaikan,” ujar Iwan.

Belajar dari Youtube

Sepanjang patroli, perhatian warga tertuju pada grup hadrah Polres. Menurut Bripda Bambang, anggota Sabhara dan vokalis hadrah, dirinya dan rekan-rekannya belajar menabuh gendang hadrah dan membaca Shalawat secara otodidak dan melihat video Youtube. Namun, katanya, yang paling berperan mengajari mereka berhadrah adalah Kepala Sabhara AKP Istono.

“Yang mengajari kami langsung adalah Kepala Sabhara. Kami butuh dua bulan untuk bisa tampil layaknya grup hadrah lainnya. Grup hadrah ini kami namai Dalmas Mubarok (Dalmub),” kata Bambang, didampingi rekan-rekannya sambil tersenyum.

Aksi polisi unjuk kebolehan dalam berhadarah mendapat respon dari warga. Seorang warga tampak kagum melihat polisi yang ternyata terampil memainkan hadarah.

“Wow, keren. Polisinya mahir main hadrah. Baca Shalawatnya juga fasih seperti penampilan grup hadrah profesional,” tukas Salam, warga yang menyaksikan hadrah ala polisi di alun-alun Kraksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com