Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Tiap Kecamatan di Bandung Punya "Command Centre"

Kompas.com - 18/06/2015, 10:12 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Dalam rangka mewujudkan Kota Bandung sebagai Kota Pintar (Smart City), Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, memerintahkan setiap kecamatan membuat ruang command centre seperti yang sudah dimiliki Pemerintah Kota Bandung.

"Enam bulan kemarin fokus dulu di command centre dan lain-lain, sekarang sudah ada dana membangun command centre di kecamatan," kata Emil di Bandung, Kamis (18/6/2015).

Emil menambahkan, dana yang dikucurkan oleh Pemkot Bandung kepada tiap kecamatan untuk membangun command centre sebesar Rp 100 juta. "Untuk beli alat-alat (hardware). Software sudah ada dari Pemkot. Jadi semua software yang ada di command centre juga ada di kecamatan," tutur dia.

Untuk ukuran command centre di kecamatan, lanjut Emil, tidak perlu besar seperti yang ada di Pemkot Bandung. Nantinya, semua command centre kecamatan akan terhubung dengan command centre pusat. "Enggak besar, paling sebesar mushala," ujar Emil.

Emil berharap, dengan command centre yang disebar ke kecamatan membuat segala macam keluhan masyarakat bisa direspons lebih cepat. Selain itu, koordinasi antarpimpinan kewilayahan juga bisa lebih efisien. "Sehingga urusan ketertiban dan monitor apa-apa bisa dilakukan camat seperti yang dilakukan wali kota," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com