Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beraksi sejak 2001, Sindikat Pemalsu Ijazah Universitas Negeri Baru Terbongkar

Kompas.com - 11/06/2015, 08:59 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Kepolisian Daerah Aceh membongkar sindikat pembuat ijazah palsu di Banda Aceh. Ijazah yang dikeluarkan merupakan ijazah milik Universitas Syiah Kuala dengan jenjang strata satu.

Kasus pemalsuan ijazah itu awalnya diungkap oleh tim Kepolisian Sektor Syiah Kuala setelah menangkap seorang calo pembuat ijazah berinisial ZA. ZA mengaku memalsukan ijazah untuk mahasiswa lulusan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum dengan biaya Rp 13 juta per lembar ijazah.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh Irjen Husein Hamidy mengatakan, kini aparat kepolisian sudah menahan empat tersangka, masing-masing berinisial AZ (52), yang bertugas menerima order atau marketing, SY (35) selaku orang yang mencetak dan bekerja di salah satu percetakan di Banda Aceh, LF (mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta), dan AM (staf di sebuah kampus swasta di Banda Aceh).

"Dari data yang masih tersimpan dalam disk mereka, masih ada 118 orang yang tercatat akan menerima ijazah palsu ini dan bervariasi, ada yang dari Fakultas Ekonomi dan ada yang dari Fakultas Hukum," ujar Kepala Polda Husein Hamidiy dalam jumpa persnya di Mapolda Aceh, Rabu (10/6/2015).

Polisi, kata Kapolda, juga berencana memeriksa dan meminta keterangan dari sejumlah pembeli ijazah "aspal" tersebut. Senada dengan itu, Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Syamsul Rizal mengaku terkejut dan menyayangkan adanya aksi pemalsuan ijazah atas nama universitas yang dipimpinnya tersebut.

"Ya, sangat disayangkan adanya kejadian ini dan hingga saat ini kami tidak menemukan adanya pegawai di Unsyiah yang terlibat. Namun, jika ada, akan segera diambil tindakan tegas," ujar Syamsul Rizal.

Saat ini, sebut Syamsul Rizal, Unsyiah sudah mengeluarkan ijazah dengan sistem berlapis agar tak mudah dipalsukan. "Ada lima tingkatan lapisan kertas dan sistem proteksi yang cukup kuat untuk ijazah yang kini dikeluarkan Unsyiah dan ini sudah berlaku sejak tahun 2012 lalu. Ijazah palsu yang ditemukan ini memang meniru model ijazah yang lama," kata Syamsul Rizal.

Selain ijazah palsu, polisi juga menyita sejumlah barang bukti lainnya, yakni berupa dua unit komputer, satu unit flashdisk, alat pemindai, kertas HVS, printer, ulano, alat sablon, serta 37 lembar ijazah palsu Fakultas Hukum, 81 lembar ijazah palsu Fakultas Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, serta satu lembar ijazah palsu Fakultas Teknik. Disebutkan aksi pemalsuan ijazah ini sudah berlangsung sejak tahun 2001 yang lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com