Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pesan yang Dibisikkan Jokowi Saat Gibran Menyungkem

Kompas.com - 10/06/2015, 15:35 WIB
Sabrina Asril

Penulis


SOLO, KOMPAS.com
 — Prosesi siraman putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (28), berlangsung haru. Momentum sungkeman sang anak kepada orangtua adalah saat berkesan bagi Jokowi yang hendak melepas putra sulungnya ke kehidupan baru bersama calon istri, Selvi Ananda.

Jokowi mengaku sempat membisikkan pesan kepada Gibran. Mimik Jokowi berubah saat berbicara soal pesannya itu. Jika sebelumnya Jokowi banyak mengumbar senyum saat ditanya wartawan, kini mimiknya serius dan tuturan katanya mulai melambat.

"Saya sampaikan ke Gibran, 'hati-hati'," ungkap Jokowi kemudian diam sesaat.

"Sebentar lagi kamu menempuh hidup baru, tanggung jawab semakin besar terhadap keluarga, ke istri, dan nantinya kepada anak," lanjut dia.

Tak lupa, Jokowi juga menyampaikan agar Gibran selalu bekerja keras dan tidak lupa beribadah.

Tak hanya saat sungkem, Jokowi juga kembali menitipkan pesan kepada Gibran saat proses pemberian suapan terakhir orangtua kepada calon pengantin.

"Menyuap terakhir, saya pesan setelah ini anak saya harus bisa cari makan sendiri dan harus bisa mandiri. Pesan itu saya sampaikan ke Gibran," kata Jokowi.

Pada acara siraman Gibran pada Rabu pagi, sebanyak sembilan orang dipilih untuk menyiram Gibran, yakni Setiawan Prasetyo, Widodo Prasetyo, Harry Haryant, FX Hadi Rudyatmo (Wali Kota Solo), Ahmad Purnomo (Wakil Wali Kota Solo), Idong Setyo Husodo, Raharjo Dwi Atmojo, Iriana, dan Jokowi.

Selanjutnya, Gibran dan Selvi akan menjalani proses peningset (membawa seserahan ke rumah keluarga mempelai wanita) dan midodareni di masing-masing kediaman. Kamis (11/6/2015), Gibran dan Selvi akan melakukan ijab kabul, dilanjutkan dengan resepsi hingga malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com