Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Menantu Jokowi Sempatkan Diri Datangi Wartawan Usai Siraman

Kompas.com - 10/06/2015, 12:08 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com
— Prosesi siraman mempelai calon menantu Presiden Joko Widodo, Selvi Ananda, berlangsung di kediamannya di Jalan Kutai Raya, Sumber, Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/6/2015).

Sebelum siraman, kedua orangtua Selvi, Didik Supriyadi dan Sri Partini, melakukan prosesi pemasangan bleketepe di rumah tersebut. Didik terlihat memanjat tangga saat akan memasang bleketepe di atap bagian depan rumah.

Dalam adat Jawa, bleketepe yang terbuat dari anyaman janur adalah simbol keteduhan dan pengharapan akan kenyamanan bagi kedua mempelai dalam mengarungi perkawinan. Setelah itu, prosesi dilanjutkan dengan tradisi tuwuhan atau memetik buah pisang sebagai simbol awal mula perjalanan keluarga baru.

Tuwuhan tidak hanya berupa pisang, tetapi juga padi dan kelapa. Setelah itu, prosesi siraman dimulai di depan teras rumah. Saat itu, pihak keluarga meminta awak media untuk tidak meliput.

Air yang digunakan untuk siraman oleh Selvi berasal dari tujuh sumber air, yaitu air dari Masjid Agng Solo, Keraton Solo, Keraton Mangkunegaran, Masjid Mangkunegaran, Dalem Mloyokusuman, air zamzam, dan air dari dalam rumah.

Setelah siraman, prosesi dilanjutkan dengan dodol dawet atau jualan dawet yang dilakukan oleh kedua orangtua Selvi. Prosesi tersebut sebagai simbol acara pernikahan diberi kemeriahan dan banyak tamu yang datang.

Dalam kesempatan tersebut, Selvi menyempatkan diri untuk jumpa pers. Selvi memohon doanya agar semua lancar. "Mohon doanya saja semoga semua berjalan lancar," kata Selvi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com