Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2015, 15:00 WIB


Oleh Reny Sri Ayu

Palopo, kota yang berdiri sejak 2002, bertekad menjadi satu-satunya pusat jasa di wilayah Timur Sulawesi Selatan. Pendidikan, kesehatan, dan perdagangan adalah sektor yang digenjot untuk mengokohkan wilayah ini sebagai pusat jasa sekaligus menjadi kota tujuan.

Empat belas perguruan tinggi yang satu di antaranya dalam proses menjadi perguruan tinggi negeri serta enam rumah sakit yang satu di antaranya tipe B merupakan modal awal bagi Palopo.

Jarak daerah-daerah di wilayah timur Sulsel dengan Kota Makassar yang menjadi ibu kota Sulsel memang terbilang jauh. Palopo dan kabupaten tetangga, seperti Luwu Utara, Luwu Tumur, Luwu, dan Tana Toraja, misalnya, umumnya berjarak lebih dari 300 kilometer dari Makassar.

Bandara perintis di daerah-daerah ini tak melayani penerbangan setiap hari. Pesawat yang digunakan pun umumnya kecil, hingga jalur darat mau tak mau tetap menjadi pilihan. Jarak tempuh Makassar-Palopo misalnya hingga 10 jam.

Itulah mengapa Pemerintah Kota Palopo ingin memosisikan wilayah ini sebagai salah satu daerah yang menjadi tujuan untuk pendidikan, pelayanan kesehatan, perdagangan, dan investasi. Tujuannya memotong jarak yang terlampau jauh dengan Makassar.

"Untuk pendidikan, sementara dalam proses pengurusan untuk menjadikan Universitas Andi Djemma menjadi negeri. Jika ini berhasil, setidaknya calon mahasiswa dari daerah ini dan daerah tetangga bisa tertampung sebagian di Palopo. Di luar itu ada perguruan tinggi lain, sekolah tinggi, akademi, yang terus dibenahi dan selama beberapa tahun memang sudah jadi tujuan bagi calon mahasiswa dari kabupaten tetangga," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Palopo Muchtar Basir.

Di sektor kesehatan, Palopo juga terus berbenah memberi layanan kesehatan yang lagi-lagi untuk menampung pasien dari kabupaten tetangga dan memotong jarak dengan Makassar. Terlebih RS Sawerigading, yang sejak lama menjadi rumah sakit rujukan, baru saja naik tingkat menjadi rumah sakit tipe B.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com