Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKIP Budi Utomo Terancam Dinonaktifkan, Mahasiswa Demo Rektor

Kompas.com - 08/06/2015, 14:09 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa dari IKIP Budi Utomo Malang, Jawa Timur, Senin (8/6/2015), menggelar unjuk rasa di depan kampus, untuk mendesak rektorat berjuang supaya IKIP Budi Utomo tidak dinonaktifkan oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) VII Jawa Timur.

Demo tersebut digelar di depan gedung Rektorat IKIP Budi Utomo. Mahasiswa Menuntut rektor untuk memulihkan kembali kampus IKIP Budi Utomo seperti semula. "Segera mereformasi birokrasi yang korup. Karena selama ini, banyak mahasiswa yang mengalami pungutan liar," kata Koordinator aksi Saiful Hadi, di sela-sela aksi.

"Segera melaksanakan rekruitmen dosen yang berkualitas serta memenuhi rasio jumlah mahasiswa," kata dia lagi.

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa ditemui langsung oleh Ali Badar dari bagian kemahasiswaan IKIP Budi Utomo. Ia mengatakan, Rektor IKIP Budi Utomo, Nur Cholis Sunuyeko sedang berada di Surabaya.

"Soal apa yang menjadi tuntutan mahasiswa, semuanya sudah dijelaskan ke para dosen dan juga ke organisasi kemahasiswaan. Hari ini, pihak IKIP Budi Utomo sedang melakukan konfirmasi ke pihak Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) VII di Suranaya," kata Ali Badar.

Diberitakan sebelumnya, ada 19 perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Timur yang dinonaktifkan, jika hingga tenggat waktu yang ditentukan, akhir Desember 2015, tidak memperbaiki diri, izin operasionalnya akan dicabut.

Faktor-faktor yang menjadi penilaian,  adanya konflik internal kampus yang tak kunjung usai, rasio jumlah dosen dan mahasiswa tidak seimbang, dan tidak ada laporan yang diberikan secara periodik selama empat kali berturut-turut.

Di antara 19 PTS di Jawa Timur yang terancam dinonaktifkan oleh Kopertis VII adalah, Universitas Teknologi Surabaya (UTS), Akademi Teknologi Industri Tekstil Surabaya, Universitas Darul Ulum Jombang, Universitas Bondowoso (Unibo), Universitas Nusantara PGRI Kediri, Universitas Cakrawala, IKIP Budi Utomo, IKIP PGRI Jember, dan STKIP Tri Bhuwana.

Selain itu ada Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sunan Giri, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Malang, Sekolah Tinggi Teknik Budi Utomo, Sekolah Tinggi Teknik Widya Dharma, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemnas Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda, Akademi Teknik Nasional Sidoarjo, Akademi Bahasa Asing Webb, Akademi Pariwisata Bhakti Wiyata dan AMIK Aji Jaya Baya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com