Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Akik di Trenggalek Dilengkapi "Konsultasi" dengan Tim Geologi

Kompas.com - 06/06/2015, 21:53 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

TRENGGALEK, KOMPAS.com - Puluhan penjual dan perajin batu akik menggelar festival, di parkiran Stadion Manak Sopal, Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (6/6/2015). Dalam festival tersebut, dihadirkan tim geologi dari perguruan tinggi, untuk memberikan layanan informasi atas spesifikasi batu akik.

Menurut Ketua Penyelenggara Festival Mohammad Nur Arifin, tim geologi yang dihadirkan dari dua perguruan tinggi yakni UPN Yogyakarta dan Intitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. "Pemilik batu akik bisa memeriksakan kandungan mineral dalam batunya di sini," kata Arifin.

Arifin menilai, selama ini banyak pemilik batu hanya mendengar spesifikasi batu akik dari sumber-sumber yang tidak jelas. "Kali ini, kami bawakan pihak yang berkompeten di bidangnya, dan yang bergelut di disiplin ilmu kegeologian," kata dia.

Festival itu, menurut pria yang akrab disapa Gus Ipin ini, juga merupakan bagian dari upaya menggelorakan semangat pengusaha batu akik di Trenggalek untuk berserikat memajukan usaha batu akik bersama-sama. "Ini juga untuk memunculkan nama Trenggalek sebagai pusat batu akik," ujar dia lagi.

Berbagai jenis batu akik dipamerkan dalam festival yang digelar hingga Minggu (7/6/2015) besok. Selain menjual batu akik lengkap dengan bantalan cincinnya, juga dijual beragam batu batangan dari ukuran kecil hingga besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com