Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonan: Jika Tak Ada Prosedur yang Dilanggar, Garuda Tak Akan "Over Runway"

Kompas.com - 03/06/2015, 17:30 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan mengevaluasi penerbangan pesawat Garuda Indonesia GA-618 rute Cengkareng-Makassar yang mengalami over runway di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa (2/6/2015). 

Dia meyakini, jika tidak ada prosedur standar penerbangan yang dilanggar, tidak akan ada kejadian over run seperti kemarin. "Secara teori, jika prosedur dilakukan meskipun dalam keadaan hujan, pesawat tidak akan bablas (over runway) seperti kemarin karena landasan pacunya mencukupi," ujar dia seusai mengisi Seminar Internasional Akuntansi yang digelar Universitas Airlangga (Unair) di Surabaya, Rabu (3/6/2015).

Laporan yang didapatkan menyebutkan bahwa kondisi saat itu dalam keadaan hujan lebat. Namun, kata dia, apa pun kondisinya, tetap ada standar operasional yang mengatur keputusan pilot. "Entah itu mendarat atau turn around atau transit dulu di bandara lain," kata dia. 

Menurut alumnus Unair itu, Kemenhub akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh kepada semua elemen mulai dari seksi kokpit, pihak navigasi udara, dan operator bandara. "Nanti hasilnya akan kami publikasikan kepada masyarakat," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-618 rute Cengkareng-Ujung Pandang tergelincir di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa (2/6/2015).

Insiden itu terjadi sekitar pukul 14.50 Wita. Insiden tergelincirnya pesawat jenis Boeing 737-800 itu tidak membawa korban. Sebanyak 146 penumpang dan delapan kru berhasil diselamatkan.

 
 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com