Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawab Pancasila, Rifan Dapat Sepeda dari Presiden Jokowi

Kompas.com - 03/06/2015, 11:44 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Bagi Rifan Wahyu (14), Hari Raya Waisak 2015 menjadi hari yang tidak akan pernah dilupakan sepanjang hidupnya. Sebab tepat pada perayaan umat Buddha itu Rifan mendapat kejutan dari Presiden Joko Widodo berupa satu sepeda.

Rifan merasa beruntung karena bisa menjawab pertanyaan Jokowi saat kegiatan distribusi "Kartu Sakti" di halaman Balai Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (2/6/2015) petang.

Saat itu, Rifan bersama beberapa teman sebanyanya mendapat Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari orang nomor satu di Indonesia itu. Spontan, Jokowi memberi pertanyaan kepada Rifan untuk menyebutkan Pancasila.

"Saya tegang tapi untung bisa menyebutkan Pancasila dengan lengkap dan benar. Saya senang sekali bisa bersalaman dengan Bapak Presiden, apalagi dikasih hadiah sepeda," ucap siswa kelas XI SMP Negeri 1 Borobudur itu, Selasa malam.

Rifan berujar, sepeda yang sudah jadi miliknya itu akan dipakai bersekolah. Kebetulan jarak rumah dengan sekolah Rifan tidak terlalu jauh sehingga cukup ditempuh mengendarai sepeda. "Biasanya (kalau ke sekolah) jalan kaki, kadang bonceng sepeda Bapak. Tapi sekarang sudah punya sendiri," kata Rifan.

Selain Rifan, ada empat warga Borobudur yang mendapat kejutan hadiah sepeda. Semuanya adalah warga penerima kartu sakti.

Seperti diberitakan, Presiden Jokowi membagikan empat jenis "Kartu Sakti" kepada ratusan warga Borobudur sebelum menghadiri perayaan Tri Suci Waisak 2559 BE di komples Candi Agung Borobudur, Selasa malam.

Empat jenis kartu itu adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan Kartu Disabilitas (KD). "Saya pesan kartu-kartu ini dipakai sebagaimana mestinya. Uangnya buat beli keperluan sekolah, jangan buat beli pulsa. Anak-anak juga harus giat belajar, kalau tidak kartunya bisa dicabut," pesan Jokowi. 

 
 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com