Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita yang Mengaku Pria Ini Akhirnya Resmi Ditahan Polisi

Kompas.com - 02/06/2015, 21:50 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Ichal saser, wanita bernama Santalia (20) yang semula memgaku pria hingga bisa menikahi istrinya, Bersalina, akhirnya ditahan penyidik Polres Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Selasa (2/6/2015). Ichal sudah hampir sepekan menjalani pemeriksaan intensif dalam kasus dugaan pemalsuan identitas jenis kelamin.

Sementara orang tua Ichal Saser, Levina dan Lambertus yang mendampingi anaknya selama diperiksa polisi telah dipulangkan ke kampung halamannya karena stres hingga jatuh sakit.

Ichal Saser, wanita berpenampilan dan bersuara mirip pria ini tak pernah membayangkan keputusannya menikahi sesama wanita bakal berbuntut di kantor polisi.

Meski ia mengaku tak bersalah karena sebelum menikahi Bersalina, Ichal mengaku sudah menyampaikan semua termasuk kondisi fisik kepada calon istrinya. [Baca: Orangtua Wanita yang Mengaku Lelaki Alami Stres]

Hanya saja Ichal mengaku tak berterus terang bahwa dia adalah seorang wanita tulen kepada calon mertuanya karena berharap hal itu disampaikan sendiri oleh Bersalina kepada keluarganya.

Kasat Reskrim Polres Polewali Mandar Ajun Komisaris Jeifson Sitorus menyatakan Santalia alias Ichal Saser telah resmi ditahan polisi dalam kasus pemalsuan identitas jenis kelamin hingga membuat istrinya dan pihak keluarga keberatan.

Kasus pernikahan pasangan sejenis yang menghebohkan publik di Mamasa dan Polewali Mandar ini tak hanya merepotkan pihak keluarga kedua belah pihak, namun aparat desa dari kampung halaman termasuk pihak gereja yang menikahkan. Pihak gereja juga memenuhi panggilan polisi sebagai saksi. [Baca: Ditangkap, Wanita yang Mengaku Pria agar Bisa Nikahi Wanita Lain]

Sementara orangtua Ichal Saser sejauh ini dinilai poliisi tidak terlibat dalam kasus pernikahan dua pasnagan sejenis ini. Alasannya orangtua Ichal baru tahu setelah dia resmi melamar Bersalina lengkap dengan sejumlah persyaratannya.

Ichal baru menyampaikan keputusan kepada orangtuanya setelah menyetujui permintaan keluarga Bersalina beserta sejumah persyaratan. Orangtua Ichal dalam kasus ini dinilai hanya terlibat meramaikan pesta pernikahan anaknya.

"Santalia alias Ichal Saser yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka hari ini resmi ditahan polisi. Dia disangka melakukan pemalsuan identitas dan pemalsuan dokumen hingga pernikahan sesama jenis ini terjadi," kata Jeifson.

Kata dia, tidak tertutup kemungkinan aparat desa yang membuat surat keterangan menikah resmi bisa ditetapkan sebagai tersangka jika ditemukan adanya indikasi mal administrasi atau pemalsuan dokumen yang merugikan pihak keluarga pelapor.

Polisi kini tengah menyelidiki kemungkinan adanya pemalsuan dokumen indentitas yang melibatkan aparat desa di kampung halaman Ichal Saser dan Kepala Desa Tabone tempat kelahiran Bersalina.

Polisi telah menyita sejumlah dokumen seperti surat nikah dari gereja termasuk surat keterangan dari desa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com