Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung Buddha Setinggi 12 Meter Dipamerkan di Tunjungan Plaza

Kompas.com - 02/06/2015, 16:50 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -  Di hari raya Waisak tahun ini, umat Buddha di kota Surabaya, Jawa Timur tak hanya menggelar ritual keagamaan di wihara namun juga di pusat pertokoan Tunjungan Plaza.

Prosesi keagamaan yang dilaksanakan di Tunjungan Plaza semakin lengkap dengan kehadilan sebuah patung Buddha raksasa setinggi tiga lantai atau kurang lebih 12 meter. Patung berwarna kuning emas  yang diklaim sebagai yang tertinggi di Indonesia itu, dipamerkan di atrium Tunjungan Plaza III.

Patung Buddha raksasa itu merupakan bagian dari atraksi Vesak Festival 2015 yang digelar Yayasan Dharma Rangsi Buddhist Education Center (BEC) di Surabaya.

"Kami ingin menunjukkan bahwa ajaran Buddha ada di tengah-tengah masyarakat, mampu menyenangkan setiap orang dengan memaknai sejumlah nilai-nilai seperti, kemanusiaan, rasa syukur, saling berbagi kebahagiaan dan melakukan deklarasi untuk menjadi pribadi yang baik dan berperilaku baik," kata kmoordinator Vesak Festival 2015, Anthony Soehartono, Selasa (2/6/2015).

Dalam rangkaian festival itu juga ditampilkan tujuh diorama, dengan tiga diorama yang menceritakan peristiwa penting pada Hari Raya Waisak dan empat diorama interaktif. "Di diorama interaktif, pengunjung dapat terlibat langsung mempraktikkan ajaran Sang Buddha, memandikan calon Buddha, serta menyaksikan patung Buddha berbaring (Parinibanna) yang dapat berbicara," tambah Anthony.

Festival itu, lanjut Anthony, juga menjadi bukti bahwa umat Buddha Indonesia berusaha menghilangkan kesan ekslusif yang melingkupi agama tersebut, seperti anggapan sebagian orang selama ini. "Semua pengunjung, dari etnis dan agama apa saja bisa terlibat aktif. Ini sekaligus mengenalkan bahwa Buddha itu untuk publik, bukan ekslusif," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com