Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi ke Blitar, Pegawai Pemkot Wajib Pakai Baju Ala Soekarno

Kompas.com - 01/06/2015, 10:07 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

BLITAR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan kelahiran Pancasila di Kota Blitar, Jawa Timur, Senin (1/6/2015). Puncak peringatan digelar di alun-alun Kota Blitar pagi ini mulai pukul 09.15 WIB.

Peringatan ini digelar dalam kemasan formal yang terdiri pembacaan teks Pancasila, pergelaran budaya, pembacaan manifesto Ini Indonesia Baru, serta pidato Presiden.

Presiden Jokowi tiba di Blitar pukul 09.15 WIB, setelah menempuh perjalanan dengan pesawat udara dari Jakarta. Presiden sempat transit di Malang lalu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan helikopter super puma ke Blitar.

Kedatangan Presiden disambut meriah warga Blitar yang sudah menunggu dari pagi. Beragam spanduk dan baliho bertema peringatan kelahiran Pancasila terpasang di sejumlah titik di jalan protokol dan gedung-gedung pemerintah.

Anak sekolah, guru, dan warga biasa berjajar di pinggir jalan melambaikan tangan saat rombongan Presiden melintas. Pusat kemeriahan terdapat di alun-alun Kota Blitar.

Pegawai Pemerintah Kota Blitar hari ini diwajibkan mengenakan pakaian safari ala Soekarno, mantan Presiden RI. Tiko, pegawai negeri Pemkot Blitar mengatakan penggunaan pakaian tersebut merupakan penghormatan terhadap Presiden Soekarno sebagai pencetus lahirnya Pancasila.

"Pak Wali Kota Blitar kemudian memerintahkan semua pegawai mengenakan pakaian ala Soekarno," kata Tiko ditemui sesaat sebelum peringatan hari lahir Pancasila di Blitar, Jawa Timur.

Selain Presiden, hadir di acara ini Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Boediono, pimpinan MPR, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, perwakilan keluarga Soekarno, menteri Kabinet Kerja, dan sejumlah pejabat daerah.

Setelah acara, Presiden dan rombongan akan berziarah ke kompleks Makam Bung Karno. Usai berizarah Presiden menuju Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar membagikan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Keluarga Sejahtera. 

 
 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com