Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polemik Lelang GOR Pakansari, DPRD Ingatkan Pemda Lebih Profesional

Kompas.com - 27/05/2015, 19:52 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis


BOGOR, KOMPAS.com - Polemik kasus dugaan pengaturan pemenang proyek tender pembangunan Stadion GOR Pakansari tahap tiga yang menelan biaya lebih dari Rp 196 miliar terus mendapat perhatian dari sejumlah pejabat daerah Kabupaten Bogor.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi, jika dalam proses penentuan pemenang proyek lelang Stadion GOR Pakansari ada aturan yang tidak dipenuhi atau dilanggar, maka tak menutup kemungkinan pihak penegak hukum akan turun mengusut masalah itu.

"Jangan sampai kejadian pelanggaran hukum terjadi kembali di Kabupaten Bogor, maka lakukanlah sesuai mekanisme sesuai undang-undang yang berlaku," ujar Ade, Rabu (27/5/2015).

Ade pun meminta kepada Kantor Layanan Pengadaan Barang/Jasa selaku dinas yang berwenang dalam menentukan proses lelang, agar lebih selektif dan profesional dalam menentukan perusahaan pemenang proyek lelang sehingga tidak menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Kalau ada perusahaan yang dimenangkan dan ternyata perusahaan itu bermasalah atau ada dokumen yang secara administrasi cacat dan kadaluarsa, maka bukan tidak mungkin pihak penegak hukum akan masuk dan memeriksa pihak-pihak yang terkait. Makanya saya berpesan kepada pengguna anggaran harus merealisasikannya secara profesional, mulai dari tahap tender sampai pelaksanaan pembangunan," ujar Ade.

Sebelumnya, kasus ini mencuat setelah beredarnya informasi pemenang tender proyek pengerjaan Stadion GOR Pakansari sudah diatur sebelumnya oleh sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. Bahkan, megaproyek pembangunan Stadion GOR Pakansari di Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, yang menelan total biaya hingga Rp 1 triliun itu mendapat sorotan dari Director Center for Budget Analysis, Uchok Sky Khadafi.

Aktivis antikorupsi itu menduga adanya kongkalikong dalam proses penentuan pemenang lelang proyek pengerjaan GOR Pakansari sebagai hal yang patut disoroti, baik oleh publik maupun aparat berwenang. Ia meminta Pemerintah Kabupaten Bogor transparansi soal itu, lantaran menyangkut kepentingan umum.

Dari situs resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kantor Layanan Pengadaan Barang/Jasa Kabupaten Bogor, terungkap bahwa nama pemenang tender Stadion GOR Pakansari adalah PT Prambanan, sebuah perusahaan besar asal Surabaya. Perusahaan itu memenangkan tender lelang dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp 196 miliar lebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com