Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Anggota TNI yang Disandera di Papua Berhasil Meloloskan Diri

Kompas.com - 27/05/2015, 13:03 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G Siahaan menyatakan dua anggota TNI yang disandera oleh kelompok bersenjata di Paniai sudah bebas.

Masing-masing Serda Lery, anggota Koramil Komopa dan Prada Sholeh, anggota Kostrad 303/Raider yang bertugas di Pos Komopa.

"Sudah bebas, Mereka berhasil meloloskan diri," kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G Siahaan, Rabu (27/5/2015).

Ia menjelaskan bahwa kedua anggota yang disandera oleh kelompok bersenjata di Paniai itu berhasil melepaskan diri setelah ditahan oleh pimpinan Demianus Magai Yogi.

"Puji Tuhan, ini karunia yang luar biasa, tanpa pengejaran tanpa ada kekerasan kedua anggota tersebut," katanya.

Ia telah memerintahkan kepada jajaran di bawahnya untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak di Paniai seperti tokoh adat, masyarakat, dan agama setempat.

"Sejak semalam kami telah meminta bantuan para pendeta dan pastor serta tokoh-tokoh adat agar anggota kami yang disandera dapat dibebaskan," katanya.

Berdasarkan laporan yang diterima, kejadian itu berawal saat kedua anggota itu bersama warga lainnya berbelanja dengan menggunakan perahu motor (speed boat).

Awalnya ada satu warga sipil yang ikut disandera bersama anggota TNI, yakni Elda Sanadi yang bekerja sebagai guru di SD Inpres Kamopa namun saat ini sudah dibebaskan.

"Informasi dilepasnya guru SD itu dari keluarganya yang mendapat telepon dari kelompok bersenjata," kata Siahaan.

Ia menjelaskan, sesaat setelah menerima laporan itu, Komandan Koramil setempat kembali menelepon ke nomor itu yang kemudian dijawab, "Kedua anggota TNI sudah dimasak".

"Jawaban kelompok bersenjata itu seakan mereka tidak memiliki iman", katanya.

Namun, pada pada pukul 21.00 WIT Brigadir Roni Ariks yang merupakan anak korban ibu guru Elda Sanadi memberikan informasi bahwa ibunya sudah dilepaskan di Kampung Darauto, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai.(Budi Suyanto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com