Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Pengungsi Rohingya Disuntik Vaksin

Kompas.com - 25/05/2015, 17:28 WIB

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Sekitar 433 orang pengungsi etnis Rohingya, Myanmar, yang berada di lokasi pengungsian Desa Bayeun, Kecamatan Rantau Selamat, Kabupaten Aceh Timur, mendapat suntik vaksinasi kekebalan tubuh. Pemberian vaksin dilakukan untuk mencegah terjangkitnya berbagai penyakit.

Kepala Puskesmas Rantau Selamat dr Rismayanti saat dihubungi di lokasi pengungsian, Senin menyatakan, para pengungsi mulai orang dewasa sampai anak-anak mendapat vaksin anti kekebalan tubuh, agar mereka tidak mudah terkena penyakit.

Menurut dia, para pengungsi ini masih rentan terkena penyakit, karena mereka terlalu lama tidak makan dan minum, sehingga kondisi badan melemah. Dia mengatakan, bagi orang dewasa diberi vaksin anti tetanus, sedangkan anak-anak anti campak.

Menurut Rismayanti, kondisi kesehatan para pengungsi sudah mulai membaik bila dibandingkan empat hari lalu ketika mereka baru tiba di Aceh Timur, setelah berhari-hari berada di tengah laut tanpa makanan dan minuman yang cukup.

Sebanyak 433 pengungsi asal Rohingya berada di penampuangan di Desa Bayeun.

Selain di Aceh Timur, masih ada ratusan pengungsi Myanmar dan Banglades yang berada di lokasi lainnya, yakni Kabupaten Aceh Utara sebanyak 560 jiwa, Aceh Tamiang 47 orang, dan Kota Langsa 682 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com