Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh, Buah Jeruk Nipis Berbentuk Jari-jari Tangan Manusia

Kompas.com - 25/05/2015, 16:16 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com — Kalau ada pertanyaan, apa bentuk buah jeruk nipis? Tentu Anda akan menjawab berbentuk bulat atau bulat telur. Namun, apakah semua jeruk nipis berbentuk bulat atau bulat telur? Tentu jawabnya tidak.

Di Kampung Badakan, Desa Bebengan, Boja, Kendal, Jawa Tengah, ada tanaman jeruk nipis yang berbentuk mirip jari tangan manusia. Hal itu membuat tanaman milik Romani (63) ini banyak menjadi pusat perhatian dan membuat heboh kampung itu. 

Bahkan, warga yang datang melihat tidak hanya berasal dari Kabupaten Kendal, tetapi ada juga dari Kudus, Pati, bahkan Surabaya. Dalam sehari, masyarakat yang datang bisa mencapai 100 orang.

“Atas inisiatif warga, kami meminta sumbangan uang kepada masyarakat yang mau melihat buah jeruk nipis itu. Uang sumbangan itu kami gunakan untuk membuat jembatan, yang menghubungkan kampung kami dengan puskesmas dan balai desa,” kata Romani, Senin (25/5/2015).

Romani menjelaskan, tanaman jeruk nipis tersebut ia tanam di pekarangan belakang rumah pada tahun 2011. Bibit tanaman itu didapat dari seorang teman yang tinggal di Yogyakarta. Dia mengaku baru mengetahui bahwa tanamannya berbuah pada Rabu (20/5/2015) lalu.

Dia sempat terkejut ketika mengetahui bentuk buah nipis itu. Selanjutnya, dia mengabarkan temuan itu kepada tetangga di sekitar rumahnya. “Mulai Rabu kemarin hingga Minggu (24/5/2015) kemarin, uang sumbangan yang berhasil dikumpulkan sudah Rp 1,7 juta. Uang itu kami setorkan ke bendahara pembangunan jembatan,” ujar dia.

Romani mengaku, buah jeruk nipis berbentuk mirip jari tangan manusia yang ada di tanamannya tersebut berjumlah lima. Ada yang berbentuk mirip jari-jari tangan saat menunjuk, berdoa, dan menggenggam. “Ini adalah buah pertama yang tumbuh di tanaman jeruk nipis saya,” kata dia.

Salah satu warga Brangsong Kendal, Wahyudi, yang datang ke sana mengaku heran karena baru pertama kali melihat buah jeruk nipis yang bentuknya seperti itu. “Baru kali ini saya melihat buah jeruk nipis yang bentuknya mirip jari-jari tangan manusia. Ada yang menggenggam, ada yang menunjuk, dan ada yang berbentuk, seperti saat berdoa,” kata Wahyudi.

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com