Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Nasib Pengungsi Rohingya, Aceh Tunggu Instruksi dari Pusat

Kompas.com - 23/05/2015, 11:42 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com - Tiga tenda ukuran besar didirikan untuk menampung sebanyak 433 imigran rohingya asal Myanmar dan Bangladesh di Kabupaten Aceh Timur. Kelompok ini adalah gelombang ketiga yang tiba di daratan Aceh setelah diselamatkan oleh nelayan Aceh Timur.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur, Rudi Selamat, mengaku tidak mengetahui akan sampai kapan para pengungsi ini ditampung di wilayah hukum Aceh Timur.

"Selain faktor kemanusian, mereka juga warga negara asing dan tentunya akan ada aturan untuk penanganannya dan kami akan menunggu dari pemimpin dalam hal ini pemerintah pusat," ungkapnya, Sabtu (23/5/2015).

Sebelumnya, pemerintah Aceh juga meminta kepada pemerintah pusat untuk bisa mempercepat pemulangan para imigran gelap tersebut.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRA, Iskandar Usman Al-Farlaky, berharap Pemerintah Aceh bisa bersikap bijak terhadap penanganan para pengungsi tersebut. Iskandar Usman Al-Farlaky mengatakan semangat dan solidaritas yang tumbuh di tengah masyarakat Aceh terhadap persoalan yang dihadapi imigran asal Myanmar itu sangat tinggi.

"Kita semua tahu bahwa pembantaian adalah alasan kenapa mereka pergi dan terusir dari negaranya. Sebagai bangsa yang beradab, masyarakat Aceh terpanggil untuk membantu," katanya, Sabtu (23/5/2015).

Upaya pemulangan para imigran ini, lanjut Iskandar, harus memperhatikan faktor kepastian jaminan keamanan dan keberlangsungan hidup muslim rohingya pasca dipulangkan ke negara asal.

"Pastikan dulu soal keamanan mereka. Kalau dipulangkan namun setibanya di tempat asal mereka masih dibantai, maka saya rasa lebih baik mereka dibiarkan tetap di sini," tegasnya.

Iskandar juga mengatakan, pertimbangan kemanusiaan semestinya ditempatkan pada derajat tertinggi dalam menyelesaikan segala persoalan yang ada.

"Apalagi nyatanya imigran asal Rohingya saat ini membutuhkan perlindungan," katanya.

Saat ini, sebanyak 1.722 pengungsi tercatat berada di penampungan, mereka terdiri dari 1.239 laki-laki, 244 perempuan dan 238 anak-anak. Para pengungsi ini tersebar di empat titik pengungsian, yaitu sebanyak 560 jiwa di Kabupaten Aceh Utara, 47 jiwa di Kabupaten Aceh Tamiang (yang merupakan sebaran dari Kabupaten Langkat, Sumatera Utara), 682 di Kota Langsa dan 433 jiwa di Kabupaten Aceh Timur. Para pengungsi masih membutuhkan kelengkapan mandi dan makanan bagi bayi dan balita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com