Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinkes Kota Bandung Temukan PSK Saritem Terjangkit HIV dan Sifilis

Kompas.com - 22/05/2015, 23:30 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Setelah melakukan penggerebekan di kawasan lokalisasi Saritem, Kota Bandung, sebanyak 150 PSK yang terjaring langsung diperiksa kesehatan. Hasilnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyatakan, 6 PSK terjangkit HIV positif baru, 2 orang HIV positif lama, dan 3 orang terjangkit sifilis.

"Dari 150 orang, 70 orang sudah pernah kontak pemeriksaan dengan kita, yang 80 orang baru kontak kemarin malam," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara, Jumat (22/5/2015).

Lebih lanjut, Ahyani menambahkan, setelah memeriksa 80 orang, pihaknya menyatakan bahwa 11 PSK mengidap HIV dan penyakit kelamin, sementara 69 PSK dinyatakan sehat dan tidak ditemukan adanya gejala-gejala penyakit menular. Meski demikian, pemeriksaan akan terus dilanjutkan untuk memastikan.

"Ini baru screening awal," tuturnya.

Dinkes Kota Bandung meminta kepada para PSK tersebut untuk melakukan pemeriksaan rutin terkait penyakit yang dideritanya.

"Mereka selanjutnya harus menjalani pengobatan. Jadi, orang ini harus mau berobat untuk dirinya dan untuk keluarganya juga," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com