Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksekusi Mati "Duo Bali Nine" Tak Pengaruhi Kerja Sama Medis Bali-Australia

Kompas.com - 21/05/2015, 17:24 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Hubungan medis dari Australia dan Bali tetap terjaga dengan baik pasca-eksekusi mati "Duo Bali Nine". Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Denpasar dr Anak Ayu Sri Saraswati menegaskan bahwa urusan medis adalah masalah kemanusiaan, tidak ada hubungannya dengan politik kedua negara tersebut.

"Saya kira isu-isu memanas kedua negara tidak berpengaruh. Untuk kesehatan, sosial, itu tetap jalan. Kita kan bergeraknya di bidang kemanusiaan, tidak ada sedikitpun ke arah politik," jelas Sri Saraswati dalam pembukaan acara Bali Combined Clinical Meeting ke 5, Denpasar, Bali, Kamis (21/5/2015).

Para medis seperti perawat, bidan dan dokter RSU Sanglah sudah menjalin hubungan baik dengan Australia di bawah naungan Bali Combined Clinical Meeting (BCCM). Hubungan itu terjalin sejak lima tahun lalu atau 2011.

"Kerja sama ini murni di bidang kesehatan. Tidak ada hubungannya dengan politik. Semoga kerja sama ini terus berlanjut dan tercapai apa yang diinginkan bersama," kata Jhon Svigos dari BCCM saat memberikan sambutan.

Para perawat, bidan dan dokter dari Australia sering melakukan kunjungan dan mengadakan berbagai kegiatan baik seminar, workshop, memberikan bantuan peralatan medis di Bali. Dengan kunjungan mereka terjadi interaksi untuk berbagi pengalaman dan ilmu kesehatan sehingga para medis di Bali akan meningkatkan kualitasnya dalam bertugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com