Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu Kawah Merapi Dinilai Aman, Pencarian Ery Dilanjutkan

Kompas.com - 18/05/2015, 13:21 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


BOYOLALI, KOMPAS.com - Pencarian Eri Yunanto (21) kembali dilanjutkan, Senin (18/5/2015), oleh gabungan Tim SAR. Anggota tim yang bersiap berangkat dari posko di Selo, Boyolali, Jawa Tengah, berencana akan membuat anchoring atau penambatan tali untuk evakuasi korban dan jalur evakuasi.

Cuaca cerah dan suhu kawah Merapi yang dinilai aman membuat tim SAR melanjutkan upaya pencarian korban pada hari ini. Menurut Kepala Seksi Operasi Basarnas Semarang, Tri Joko Priyono, sejak pukul enam pagi, tim sudah mulai bergerak ke puncak gunung.

Tim tersebut akan melanjutikan proses observasi dan juga akan melakukan pencarian titik aman untuk anchoring.

"Untuk hari ini melanjutkan kegiatan kemarin yaitu membuat anchoring untuk tali utama dan tali safety-nya. Mudah-mudahan, hari ini kita bisa bekerja observasi dan evakuasi," kata Tri.

Selain itu, Tri menjelaskan, berdasarkan data dari BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi) di Yogyakarta, suhu di kawah untuk saat ini masih relatif aman.

"Berdasarkan rekomendasi dari BPPTKG, cerah dan suhunya lumayan aman, jadi mudah-mudahan hari ini bisa masuk," katanya.

Seperti diketahui, Eri Yunanto, pendaki asal Sleman, DI Yogyakarta, terperosok ke kawah Gunung Merapi setelah berfoto di puncak Garuda, Sabtu (16/5/2015) (baca: Seorang Pendaki Terjatuh ke Kawah Merapi, SAR Kirim Tim Penyelamat). Karena kendala kondisi dan lokasi yang berbahaya, penyelamatan membutuhkan perencanaan yang matang.

baca juga: Ini Foto Detik-detik Sebelum Eri Jatuh ke Kawah Merapi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com