Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPAI Dampingi Korban Pemerkosaan Ayah Kandung

Kompas.com - 16/05/2015, 15:31 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), terus mendampingi korban pemerkosaan oleh ayah kandung. Pendampingan ini terbukti mampu menguatkan korban sehingga berani mengungkapkan semua perlakuan yang diterima dari ayah kandungnya.

Ketua Harian KPAI Samarinda, Suwignyo, mengatakan selama pemeriksaan, korban pemerkosaan sangat trauma. “Kalau psikologi korban memang awal kita pertemukan memang sangat shock, memang benar benar trauma panjang. Namun sekarang dengan pendampingan kita, konseling dan sebagainya sudah mulai bagus,” ujarnya (16/5/2015).

Proses pendampingan juga diberikan oleh sebuah lembaga perlindungan perempuan di Samarinda. Pendampingan ini diberikan kepada ibu korban. Dari sang ibu akhirnya terungkap bahwa pelaku tidak hanya memperkosa anak perempuannya, tetapi juga membunuh empat anak mereka yang ketika itu masih bayi.

Menurut Suwignyo, pendampingan itu juga membantu penyelidikan oleh kepolisian. Dalam olah tempat kejadian perkara, Jumat (15/5/2015), ibu korban menceritakan kronologi pembunuhan empat anaknya.

Polisi kini masih berupaya mendalami kasus ini. Sejumlah saksi yang mengetahui kelahiran bayi pasangan ini juga dimintai keterangan. Polisi juga masih menelusuri makam keempat bayi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com