Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Tahu Itu Granat, Bocah SD Sempat Mainkan Benda yang Ditemukannya

Kompas.com - 13/05/2015, 15:00 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Tim Gegana Brimob Polda DIY membawa granat jenis manggis yang ditemukan oleh seorang anak sekolah dasar (SD) di Jalan Pakel Baru, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Rabu (13/5/2015) siang.

Wakapolsek Umbulharjo AKP Munawar menuturkan, awalnya, granat jenis manggis itu ditemukan oleh seorang anak kecil sepulang sekolah di depan toko pembuatan batu akik di Jalan Pakel Baru, Umbulharjo. Karena tak tahu bahwa benda itu adalah granat, si anak lalu membawanya dan memain-mainkannya.

"(Anak itu) tidak tahu kalau itu granat. Bentuknya bulat dan sudah berkarat, lalu untuk mainan," ujar Wakapolsek Umbulharjo AKP Munawar, Rabu siang.

Munawar mengungkapkan, saat si anak memain-mainkan benda yang baru ditemukannya itu, seorang warga yang melihat curiga karena benda itu mirip dengan granat. Demi keamanan, benda itu diletakkan di depan sebuah rumah yang jauh dari aktivitas masyarakat. Warga kemudian melaporkan hal tersebut kepada polisi.

"Pukul 11.30 WIB, warga melapor ke Polsek, lalu dilanjutkan ke Polresta, dan memanggil tim Gegana Brimob ke sini," ucapnya.

Warga tampak berkerumun untuk melihat proses pengamanan granat tersebut oleh tim Gegana Brimob Polda DIY.

Saat ditemukan, lanjut Munawar, kondisi granat masih aktif meskipun bentuk luarnya sudah berkarat. Dia menduga granat yang ditemukan bocah SD itu merupakan peninggalan zaman Jepang.

"Mungkin peninggalan zaman Jepang atau Belanda, dibuang, lalu ditemukan anak-anak. Kondisinya aktif dan pengamannya pun masih ada," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com