Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atribut Bergambar SBY dan Gede Pasek Ramaikan Kongres Demokrat

Kompas.com - 11/05/2015, 11:21 WIB
Indra Akuntono

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Perhelatan Kongres IV Partai Demokrat memeriahkan Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/5/2015). Kemeriahan semakin tampak karena kehadiran atribut Gede Pasek Suardika, yang akan menantang Susilo Bambang Yudhoyono memperebutkan kursi ketua umum Partai Demokrat.

Alat peraga seperti bendera, spanduk, dan baliho berbagai ukuran mudah ditemui, mulai dari Bandara Juanda. Deretan alat peraga itu semakin banyak di Kota Surabaya dan menyesaki arena kongres di Hotel Shangri-La, Surabaya. Di beberapa sudut jalan, baliho Pasek dipasang berdampingan dengan baliho SBY. Dalam tiap baliho itu, selalu ada pesan yang sama, yakni dukungan kepada Pasek atau SBY untuk menjadi ketua umum.

Dalam banyak kesempatan, Pasek menyatakan akan hadir dalam kongres dan maju sebagai calon ketua umum. Namun, Pasek merasa ada yang mengganjal upayanya maju sebagai calon ketua umum karena statusnya sebagai loyalis Anas Urbaningrum.

Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan sempat menyatakan bahwa Pasek tidak perlu diundang hadir dalam kongres karena bukan pemilik suara sah. Syarief juga meragukan besarnya dukungan untuk Pasek memenuhi syarat minimal dukungan menjadi calon ketua umum. Syarief mengklaim bahwa hampir semua pemilik suara mendukung SBY untuk kembali menjadi ketua umum.

Kongres IV Partai Demokrat akan dibuka pada Selasa (12/5/2015) di Hotel Shangri-La, Surabaya. Presiden Joko Widodo dan sejumlah pimpinan partai politik direncanakan hadir saat pembukaan kongres tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com