Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adik-adik Sultan Dengarkan Aspirasi Warga Yogya Terkait Sabda Raja

Kompas.com - 07/05/2015, 12:09 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
 — Adik-adik Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima tokoh masyarakat serta warga Yogyakarta di Ndalem Yudhonegaran untuk mendengar pendapat terkait polemik yang terjadi di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Adik Sri Sultan Hamengku Buwono X yang hadir untuk mendengar pendapat tokoh masyarakat serta warga adalah GBPH Yudhoningrat dan GBPH Prabukusumo. Acara dengar pendapat turut dihadiri pula oleh adik-adik Sri Sultan HB X yang berada di Jakarta, yaitu GBPH Pakuningrat, GBPH Cakraningrat, GBPH Suryodiningrat, GBPH Suryomataram, GBPH Hadinegoro, dan GBPH Suryonegoro. Sementara itu, GBPH Hadisuryo tidak dapat hadir karena sedang sakit di Jakarta.

"Kami membuka seluas-luasnya bagi masyarakat dan tokoh masyarakat di Yogyakarta. Ya untuk mendengar pendapat serta aspirasi mereka," ujar GBPH Yudhoningrat, Kamis (7/5/2015) pagi.

GBPH Yudhoningrat mengaku prihatin dengan munculnya sabda tama, sabda raja, dan dawuh raja yang melenceng dari paugeran Keraton. Inspirasi dari masyarakat serta tokoh ini nantinya akan disampaikan langsung ke Sri Sultan HB X. "Nanti akan disampaikan langsung ke Sri Sultan," ucapnya.

Sementara itu, GBPH Suryodiningrat menuturkan, putra-putra Sri Sultan HB IX telah menggelar rapat tertutup terkait apa yang akan disampaikan ketika bertemu Sri Sultan HB X, Rabu (7/5/2015). Namun, hasilnya belum bisa disampaikan saat ini.

"Belum bisa kami sampaikan di sini. Besok kami akan sampaikan dalam jumpa pers, setelah bertemu Sultan," pungkasnya.

Beberapa tokoh masyarakat yang tampak hadir adalah Kyai Muhaimin, Syukri Fadholi yang merupakan mantan Wakil Wali Kota Yogyakarta, Immanuel Prasetyo yang merupakan anggota DPRD Kota Yogyakarta, dan sejumlah ormas keagamaan di Yogyakarta.

Seperti diberitakan, sabda tama dan sabda raja yang dikeluarkan oleh Sri Sultan HB X beberapa waktu lalu menuai pro dan kontra di kerabat Keraton Yogyakarta. Terkait polemik yang ada, rencananya, Sri Sultan HB X pada minggu depan akan memanggil semua kerabat Keraton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com