Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Tinggalkan Ibu Kota 1 Minggu

Kompas.com - 07/05/2015, 05:59 WIB
Suhartono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo meninggalkan ibu kota negara pada Kamis (7/5/2015) dini hari tadi. Ia akan melakukan kunjungan kerja selama tujuh hari ke depan. Selama seminggu, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Maluku, Papua, dan Papua Barat, serta melakukan kunjungan kenegaraan ke Papua Niugini.

Dijadwalkan, setelah terbang dengan pesawat Kepresidenan BBJ, Presiden Jokowi tiba di Kota Ambon, Kamis (7/5/2015) subuh. Presiden dijadwalkan akan ke Pulau Buru, Ternate, dan Tidore, sebelum terbang ke Papua dan Papua Barat hingga Senin (11/5/2015) mendatang.

Di Maluku, selain memberikan pengarahan kepada para bupati/wali kota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (Apeksi), Presiden, antara lain, meresmikan proyek infrastruktur serta melakukan panen raya dan tanam padi. Demikian pula di Papua dan Papua Barat.

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Papua Niugini selama dua hari, hingga Selasa (12/5/2015) sore mendatang.

"Presiden melakukan kunjungan kenegaraan karena membalas kunjungan kehormatan Perdana Menteri (PM) Papua Niugini Peter Charles Paire O'Neill ke Istana Merdeka, Jakarta. Sebelumnya, O'Neill juga menghadiri pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Gedung MPR," ujar pejabat di Istana kepada Kompas, Rabu sore.

Waktu itu, Presiden Jokowi berbicara sekitar 30 menit dengan O'Neill membahas investasi Indonesia di negara tetangga di perbatasan Papua tersebut. Bahkan, O'Neill mengundang Presiden ke Papua Niugini untuk meningkatkan investasi Indonesia di sana.

Selama Presiden di Maluku, Papua, dan Papua Niugini, Wapres Kalla akan berada di Jakarta. Namun, setelah Presiden kembali ke Jakarta pada Selasa depan, Wapres justru gantian akan meninggalkan Tanah Air menuju London, Inggris, hingga Sabtu (16/5/2015) mendatang. Wapres dijadwalkan menggantikan Presiden Jokowi berbicara dalam forum pengusaha kakao dunia dan melakukan sejumlah acara lainnya di kota London. (HAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com